Ads 368x60px

SEMANGAT MENULIS KATA

Jumat, Januari 27, 2012

Soal UAS Dirasah Al-Islamiyah UNMA Banten

Soal Ujian Akhir Semester III (UAS) Mata Kuliah Dirasah Al-Islamiyah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Matla`ul Anwar Banten
dosen pengampu: Ahmad Adib Musthofa, S.HI

1. Menjamurnya pesta demokrasi yang terjadi saat ini terjadi di wilayah Timur Tengah diwarnai dengan peristiwa penggulingan rezim yang berkuasa kuat. Padahal baik rakyat dan para pemimpinya mereka beragama Islam. Belum lama ini peristiwa penggulingan kekuasaan terjadi di wilyah Mesir, Sudah, Libya, Suriah dll. Apa pendapat anda terhadap fenomena tersebut? (point 20)
2. Menurut anda, bagaimana pola pemerintahan yang baik dan benar bagi kesejahteraan, kedamaian, kemakmuran serta berkeadilan bagi masyarakat? (point 10)
3. Pada saat ini bangsa Indonesia sedang merasakan alam demokrasi setelah terjadinya masa reformasi. Sehingga tak dapat dielakkan adanya kritikan yang ditujukan pada pelaku pengambil kebijakan dalam proses pemerintahan seperti banyak diberitakan di media cetak atau media elektronik . Banyak kritik yang ditujukan pada lembaga eksekutif, legeslatif, yudikatif bahkan juga pada konstitusi. Menurut anda apa yang terjadi pada negeri ini sehingga memunculkan fenomena tersebut. (point 15)
4. Ummat Islam pada saat ini menjadi sorotan masyarakat dunia, khususnya dalam bidang kemiskinan (ekonomi), pendidikan, social, politik dan bahkan juga budaya. Padahal ummat Islam pernah memiliki prestasi gemilang dipentas dunia pada bidang tersebut. Menurut anda, apa yang menjadikan ummat Islam saat ini mengalami keterpurukan. Jelaskan pendapat anda! (point 15)
5. Nabi Muhammad saw diakui dunia sebagai pembawa risalah Islamiyah, selain itu nabi Muhammad saw juga diakui sebagai pemimpin dan negarawan yang berpengarauh. Beliau berhasil mengubah masyarakat jahiliyah menuju masyarakat yang madani. Coba jelaskan bagaimana proses nabi Muhammad saw mengatur hal tersebut! (point 20)
6. Umaat Islam pernah memiliki pemimpin yang tangguh yang dapat mensejahterakan rakyatnya, adil dan damai. Mulai dari masa kepemimpinan rasulullah, khulafaurrasyidin, Bani Umayyah, Bani Abbasyiah hingga kesultanan Turki Ustmani. Ummat Islam menguasai peradaban dunia kurang lebih 130 abad. Menurut anda, apakah benar jika ada yang berpendapat bahwa islam tidak memiliki pola kepemimpinan? Jelaskan jawaban anda. (point 15)
7. Pemimpin yang bijaksana, adil, pandai dan amanah merupakan idaman setiap ummat manusia. Menurut anda pola apakah yang harus ditempuh manusia untuk menghasilkan pemimpin yang seperti itu? Jelaskan jawaban anda. (point 10)
8. Jelaskan pola pemerintahan nabi Muhammad saw dan khulafaurrasyidin dalam menjalankan politiknya sehingga terciptanya masyarakat yang madani. (point 20)
9. Apa pendapat anda tentang system pemilihan kepala daerah, pemilihan gubernur, pemilihan presiden secara langsung, padahal kemampuan para pemilih memiliki kualitas yang berbeda. Dapatkah menghasilkan pemimpin terbaik? Eksplorasikan jawaban anda dengan singkat dan jelas! (point 15)
10. Tauhid dalam ajaran Islam merupakan hal terpenting, kesempurnaan seseorang dalam ketauhidannya akan tercitrakan dalam perbuatan dan tingkah lakunya. Menurut anda adakah korelasi antara tauhid dengan pola budaya serta pemerintahan? Jelaskan secara singkat! (point 20)
11. Pilihlah soal yang menurut anda mudah untuk dijawab, anda hanya diwajibkan menjawab 5 soal. Diperbolehkan anda membuka catatan atau buku yang anda miliki tetapi dilarang untuk bekerjasama atau mengcopy jawaban teman anda. Keluarkan kemampuan anda. jawaban di kumpulkan pada hari sabtu tgl 4 januari 2012
penilaian juga berdasarkan logika berfikir yang berdasarkan fakta dan sumber-sumber yang memadai serta kerapihan tulisan. tulisan dapat mencitrakan kepribadian anda. terimakasih. jika ada yang di pertanyakan dapat hubungi no saya.

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini