Ads 368x60px

SEMANGAT MENULIS KATA

Jumat, Februari 17, 2012

SEKILAS PERHATIAN

SMAN Cahaya Madani Banten Boarding School yang biasa di singkat (CMBBS) adalah salahsatu sekolahan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional atau biasa yang disingkat dengan RSBI. Keberadaan ini sebetulnya memiliki suatu harapan Banten sebagai provinsi memiliki sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu menjawab problematika di negeri ini.

Suatu tujuan yang mulia dan misi yang bagus jika kualitas pengelola dan pelaku operasional di sekolahan tersebut memiliki jiwa kerja keras dan kesadaran tinggi akan pentingnya suatu pendidikan yang memiliki peran besar dalam diri manusia sebagai makhluk manusia yang menjadi kholifatul ard. Manusia yang mampu mengatur roda kehidupan dunia yang penuh dengan berbagai masalah.

Keberadaan masalah yang ada pada kehidupan manusia adalah untuk dipecahkan bukan hanya diperbincangkan. Perbincangan mengenai permasalah antar manusia memang perlu tapi porsinya tidak melebihi suatu tindakan. Mengapa demikian? Sebab selama manusia bias berbicara maka kata-kata untuk membahas masalah tersebut tidak akan pernah berhenti sehingga menghabiskan energy hanya untuk menyelesaikan perdebatan sehingga tindakan untuk memecahkan masalah tersebut hanya sebatas impian semata.

SMAN CBBS saat ini butuh pemimpin yang visioner. CMBBS bukan hanya membutuhkan pemimpin berpengalaman, pemimpin yang pandai berteori, pemimpin yang bekerja keras tetapi juga pemimpin yang memiliki visi yang kuat dan terarah dengan memiliki misi-misi yang membumi. Banyak pemimpin yang memiliki ide-ide brilian untuk mengatasi suatu masalah tetapi ide-ide tersebut tidak membumi. Jika hal itu terjadi hanya akan menambah masalah.

Pendidikan CMBBS

Sekilas kegiatan belajar mengajar yang ada di CMBBS sempurna. Sempurna dalam kurikulum sempurna sarana, sempurna pegawai, sempurna kemampuan guru-gurunya dan sempurna para siswa-siswinya. Tetapi dalam realitanya tidak sesempurna ide yang ada. System yang berjalan tidak di imbangi dengan kemampuan para pelaku system.

Keberlangsungan system bisa bekerja sesuai harapan dibutuhkan organisasi yang baik. Menurut perhatian bahwa organisasi yang ada belum berjalan dengan baik. Kurang baiknya jalan suatu organisasi disebabkan oleh pembagian kerja yang kurang jelas, aturan yang sudah disepakati tidak dijaga bersama, kedisiplinan yang masih kurang sempurna.

Pemimpin sebagai pengatur dan pengawas suatu organisasi tak memiliki luang waktu untuk melakukan hal itu. Entah karena keengganan para pemimpinya menjamah alur bawah atau memang ketidak mampuan dalam menjalankan organisasi yang sebenarnya hak kepengawasannya dalam dirinya. Pegawai yang seharusnya menerima sentuhan fisik dan non fisik dari para pemimpinya tapi yang di dapat pemimpin tak dikenal oleh pegawainya. Dan inilah yang menimbulkan ketidak harmonisan dalam suatu organisasi.

Selain hal yang diatas adalah hubungan komunikasi antar para pelaku system. Komunikasi yang baik dalam suatu organisasi akan memudahkan pekerjaan yang sulit dilakukan akan menjadi mudah dan ringan, tetapi sebaliknya tidak terbangunnya komunikasi yang baik hanya akan menghasilkan prasangka dan keruntuhan sesuatu yang telah kokoh di bangun dalam system. Semoga SMAN CMBBS menjadi pioneer SMAN yang berkualitas kebanggaan warga Banten dan negeri Indonesia

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini