Ads 368x60px

SEMANGAT MENULIS KATA

Sabtu, Juli 09, 2011

Santri Darunnajah 3 Mengikuti Pendidikan Bela Negara.

Pondok pesantren merupakan lembaga tertua di Indonesia. Peran pesantren dalam membangun negeri ini telah terbukti dalam merebut kemerdekaan dari para penjajah. Banyak para pejuang dan pahlawan RI yang muncul dari lingkungan pesantren.
Setelah jatuhnya rezim orde baru banyak peristiwa yang menyudutkan pesantren, sehingga peran pesantren sedikit demi sedikit di rongrong oleh pihak-pihak yang tak bertanggungjawab. Peristiwa penculikan para kyai, ninja, kolor ijo bahkan sampai teroris yang terjadi saat ini menyebabkan pesantren merasa terusik kenyamanan dalam melaksanakan aktivitasnya.
Peristiwa-peristiwa tersebut mengakibatkan pesantren seakan-akan sebagai muara kerusuhan. Padahal sejatinya tidak begitu. Bahkan pesantren saat ini menjadi korban dari para intelektual bangsa yang saat ini mengharapkan hilangnya peran pesantren dalam membina masyarakat dan generasi bangsa.
Untuk membangkitkan rasa cinta tanah air Negara Kesatuan Republik Indonesia, pondok pesantren Al-Manshur Darunnajah 3 bekerja sama dengan Kodim 0602 Serang mengadakan kegiatan Penataran Pendidikan Bela Negara. Dalam kegiatan ini para peserta didik bagai mana membela Negara secara dini.
Kegitan ini dilaksanakan di pesantren Al-Manshur Darunnajah 3 selama tiga hari mulai dari tanggal 1 juli sampai 3 juli 2011. Sedangkan pelatih-pelatihnya dari anggota Kodim 0602 Serang. Kegiatan ini full materi pengenalan tentang bela Negara. Sedangkan para pesertanya berasal dari pesantren-pesantren di lingkungan Al-Manshur Darunnajah 3. Kegitan ini selain mendidik para peserta belajar membela Negara secara dini juga sebagai mengisi waktu libur semester para peserta.
Kegitan ini juga diharapkan antara institusi pesantren dan TNI terjalin erat sehingga adanya persatuan dan kesatuan yang utuh dan adanya keterbukaan sehingga tidak adanya saling curiga mencurigai. Baik TNI dan pesantren memiliki peran menjaga keamanan serta keutuhan NKRI. Persatuan dan kesatuan bangsa ini tidak akan terjalin dengan baik jika tidak dilakukan bersama-sama. (ael)

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini