Ads 368x60px

SEMANGAT MENULIS KATA

Sabtu, Juli 09, 2011

MENANGGAPI KERISAUAN PEMERINTAH

Salah satu factor yang dapat menggerakkan inflasi ekonomi adalah naiknya harga bahan minyak (BBM). Rencana pemerintah menaikkan harga-harga BBM akan memicu naiknya harga-harga komoditi yang lainnya. Jika harga komoditi naik dan kemampuan masyarakat rendah maka akan mengakibatkan ketidak stabilan ekonomi masyarakat. Naiknya harga-harga harus seimbang dengan kemampuan daya beli masyarakat serta pendapatan masyarakat. Kenaikan harga BBM juga akan memicu pro dan kontra dari masyarakat.
Hal inilah yang menjadikan menteri coordinator perekonomian HATTA RAJASA risau akan terjadinya inflasi. Kerisauan itu cukup beralasan sebab dalam pemberian subsidi BBM pemerintah harus tepat pada sasaran. Selain itu jika harga BBM tidak dinaikan maka pemerintah harus menanggung resiko terhadapnaiknya harga minyak dunia.
Selama ini pemerintah masih memberikan subsidi BBM premium. Sedangkan BBM pertamax harganya disesuaikan dengan naik turunnya harga minyak dunia.
BBM bersubsidi disediakan untuk sepeda motor dan angkutan public, sedangkan mobil pribadi diarahkan olehpemerintah menggunakan BBM pertamax. Tetapi dalam kenyataannya tidak berjalan sesuai rencana. Hal ini disebabkan tidak adanya aturan yang tegas terhadap mobil pribadi untuk menggunakan BBM pertamax, sehingga masih banyak mobil pribadi menggunakan BBM bersubsidi. Hal ini disebabkan pemerintah tidak memiliki arah yang jelas terhadap pemberian subsidi.
Jika pemeintah bersungguh-sungguh menanggulangi inflasi akan terjadi, maka pemerintah membangun infrastrukturyang digunakan oleh masyarakat serta sarana transportasi public menyebabkan masyarakat memilih menggunakan kendaraan pribadi. Jika masyarakat menulis transportasi dengan kendaraan pribadi akan meningkatkan tingginya permintaan BBM.
Selain itu juga pemerintah harus menekan permintaan terhadap kendaraan pribadi. Selama ini permintaan terhadap kendaraan pribadi tetap tinggi. Jika pemerintah ingin kebijakan pemberian subsidi bagi rakyat maka alangkah baiknya subsidi memperbaiki dalam proses pemberian subsidi seperti dengan memberikan aturan yang tegas bahwa BBM subsidi harga diberikan pada kendaraan roda dua dan kendaraan transportasi public serta bagi kendaraan yang digunakan angkutan barang. Sedangkan bagi kendaraan pribadi digiring pada pengguanaan BBM pertamax. Selain terhadap subsidi BBM pemerintah juga harus memperbaiki fasilitas public agar masyarakat nyaman dan aman dalam pengunaan fasilitas public.
Sedangkan inflasi ekonomi dapat ditekanjika pendapatan masyarakat meningkat.ingkatan pendapatan masyarakat dengan cara mendayagunakan masyarakat dengan semaksimal mungkin. Mengguluhlai kembali dunia pertamina yang dapat menyerap tenaga, serta merelai impor barang yang dapat dihasilkan dalam negeri.
Keseimbangan kemampuan daya beli masyarakat maka kenaikan BBM tidak akan mempengaruhi terhadap meningkatnya komoditi lain. Seban masyarakt tetap mampu terhadap harga-harga yang melonjat naik. Tetapi jika pendapatan masyarakat tidak berbanding lurus terhadap naiknya harga maka masyarakat akan merasa tertekan dan semakin terjepit dengan melonjaknya harga-harga yang dipicu oleh naiknya harga BBM.
Selain itu jarak yang dapat ditempuh adalah merubah pola piker masyarakat bahwa BBM bukan sebagai pemicu berubahnya harga-harga.

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini