Ads 368x60px

SEMANGAT MENULIS KATA

Rabu, Desember 28, 2011

Saluran Perubahan

Saluran perubahan social dapat dicapai melalui jalur lembaga-lembaga kemasyarakatan lembaga tersebut diantaranya adalah pemerintah, ekonomi, pendidikan, agama, dll.
Apakah yang dimaksud dengan lembaga kemasyarakatan? Menurut Soejono Soekamto (1982), lembaga kemasyarakatan adalah “social institution” himpunan norma-norma dari segala tingkatan pada suatu kebutuhan pokok didalam kehidupan masyarakat
Tidak semua perubahan yang terjadi dimasyarakat menghasilkan kata sepakat tetapi terjadi pro dan kontra antara yang menolak dan menerima, ada yang pro aktif dan apatis ada yang menganggap positif dan negative.
Respon yang terjadi pada setiap individu masyarakat akan menghasilkan:
1. Terjadinya penolakan (penentangan-penentangan)
2. Terjadinya penerimaan (penyesuaian-penyesuaian)
Terjadinya penolakan sebab melihat dampak yang terjadi sehingga akan menghasilkan kegoncangan-kegoncangan. Antara pengaruh luar dan dalam akan berseleksi sehingga akan mengakibatkan dampak perubahan kecil atau besar. Jika pengaruh ini besar maka akan mengakibatkan ketegangan dan bisa berakibat konflik antar masyarakat, jika tidak dilakukan penyelesaian yang baik.
Pertentangan tersebut jika dapat diselesaikan maka akan menghasilkan adjustment (penyesuaian). Harmonisasi dan keseimbangan adalah idaman setiap elemen masyarakat. Dengan adanya lembaga kemasyarakat tersebut diharapkan dapat saling mengisi untuk membangun masyarakat yang harmonis dan tentram.
Organisasi adalah satu kesatuan dalam masyarakat yang saling mengisi. Jika terjadi kekacauan dalam salah satu lembaga maka akan berdampak buruk dalam kehidupan dan menunjang perubahan yang l;ebih baik. Sehingga satu sama lain dibutuhkan kerja sama agar semua organisasi dapat mefungsikan dirinya.
Disorganisasi (disintegrasi) adalah suatu keadaan ketidak serasian pada bagian-bagian organisasi menuju kebulatan kata sepakat.
Reorganisasi (reintegrasi) adalah proses pembentukan norma-norma dan nilai-nilai baru untuk meny esuaikan diri dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan yang telah mengalami perubahan.
Masyarakat yang mengalami perubahan social tidak selalu dubarengi dengan perubahan unsure-unsur masyarakat dan kebudayaan
Cultural lag adalah pertumbuhan kebudayaan tidak selalu sama cepat didalam keseluruhannya. (ketinggalan kebudayaan)
Modernisasi adalah suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional ke arah pola ekonomis dan politis yng menyamai dengan Negara-negara stabil. Yang menjadi standar modernisasi adalah mekanisasi, media massa, urbanisasi, peningkatan pendapatan dll modernisasi tidak selalu berdampak positif tetapi juga berdampak laknat.

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini