Ads 368x60px

SEMANGAT MENULIS KATA

Sabtu, September 22, 2012

FILOSOFI KYAI GONTOR

 

Satrio panindito, sugih tanpo bondo, ngulurug tanpo bolo, digdoyo tanpo aji-aji, menang tanpo ngasorake. (KH Ahmad Sahal)





tahukah apa maksud dari ungkapan KH Ahmad Sahal diatas? kalimat tersebut mengandung arti yang sangat besar. akan tetapi apa yang di maksudkan oleh Kyai Sahal saat ini sudah hilang walau tidak seluruhnya. Kyai Sahal menginginkan santri-santri gontor seperti kalimat diatas.

kalimat tersebut simpel dan mudah diucap tapi sarat makna. jika kita kupas kalimat tersebut, kita sebagai bangsa indonesia pasti mengharapkan sesosok yang di ucapkan Kyai Sahal seperti diatas. sebab sudah sulit kita menemukan sesosok seperti yang di ucapkan Kyai Sahal.

kalimat itu menggunakan bahasa jawa. bahasa yang di gunakan masyarakat gontor. tapi walau di ucapkan dengan bahasa jawa, bukan maksud yang diharapkan hanya orang-orang jawa yang bisa melakukan seperti yang di ucapkan Kyai Sahal tsb. tetapi seluruh elemen masyarakat mampu untuk menjadi seperti apa yang di ucapkan Kyai Sahal seperti kalimat diatas.

anda penasaran dengan kalimat tersebut. tunggu ulasannya pada tulisan berikutnya. kami akan berusaha mengupasnya agar mampu dicerna oleh masyarakat indonesia. dan mampu memunculkan sosok-sosok yang begitu di dambakan seperti apa yang di ucapkan Kyai Sahal diatas. jika dipegang dan dilaksanakan apa yang di ucapkan Kyai Sahal, maka indonesia akan sejahtera, makmur sentosa, gemah ripah loh jinawi ayem tentrem.

kami akan mengupas beberapa filosofi yang di miliki oleh kyai gontor yang telah menjadikan gontor besar dan bertahan hingga saat ini. gontor besar bukan karena gedung atau santri-santrinya. tapi gontor mampu besar karena filosofi para pendirinya. jika kita ingin indonesia ini besar, maka masyarakatnya harus memiliki filosofi hidup yang mampu medasari kita bersama. selamat menunggu ulasan filosofi Kyai Sahal diatas pada kesempatan yang berbeda. insya allah secepatnya akan kita ulas. dan setelah kita ulas filosofi tersebut, maka filosofi akan kita bikin cindera mata. agar bukan hanya anda yang mampu tumbuh menjadi orang besar.

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini